Tanggal 19 Agustus 2021 kali ini dunia bisnis di bidang pertanian dikejutkan oleh keputusan RNI luncurkan beras premium. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari PT Rajawali Nusindo.
Direktur utama Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) menjelaskan bahwa distributor tunggal dari produk Rania akan dilakukan oleh PT. Rajawali Nusindo.
Alasan RNI Luncurkan Beras Premium
Arief selaku direktur PT. Rajawali Nusindo turut buka suara terkait RNI luncurkan beras premium, ia memaparkan beras Rania dapat mendukung klaster pangan BUMN dan meningkatkan kesejahteraan petani.
Hal tersebut karena BUMN klaster pangan telah menjadi pelangan tetap para petani. Sehingga BUMN klaster pangan akan menjaga harga jual agar petani tetap sejahtera. Arief menambahkan apabila harga di petani di bawah Rp.3.700 maka pihak RNI akan membeli di atas Rp.4.000-5.000.
Klaster pangan akan selalu mendorong kualitas, keterjangkauan, keberlanjutan, dan ketersedian produk pangan dari petani. Supaya produk pangan yang dikonsumsi masyarakat dapat berkualitas dan terjangkau.
Selain itu, alasan mengapa RNI memilih beras ini dipaparkan langsung oleh Arief selaku Direktur RNI bahwa beras tersebut merupakan beras yang paling laku dijual di Indonesia. Beras ini dikenal dengan Sentra Ramos.
Harga Beras Premium Rania
Tak usah khawatir, beras premium yang baru saja diluncurkan ini ditetapkan berdasarkan peraturan Permendag No. 57 Th. 2017. Sehingga Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk produk ini sebanyak Rp.12.800/kg untuk pulau Jawa.
Harga ini juga dikonfirmasi oleh Direktur utama PT Rajawali Nusindo, “Di tahap awal, beras premium Rania akan didistribusikan dalam kemasan 5 Kg dengan harga Rp12.800/kg di pulau Jawa. Kedepannya beras ini akan memiliki kemasan yang lebih bervariatif.”
Distribusi dan Supplier Beras Rania
Untuk permulaan, beras premium ini hanya akan didistribusikan oleh 18 cabang Rajawali Nusindo di pulau Jawa. Sedangkan untuk periode berikutnya, RNI akan mendistribusikan ke 43 gerai Rajawali Nusindo di seluruh Indonesia.
Sedangkan pihak penyuplai dipegang oleh PT Pertani (Persero) yang akan disupplai dari 13 titik RMU (Rice Milling Unit).
Pemasaran Produk RNI Terbaru
Beras Rania akan dipasarkan melalui pasar offline maupun online. “RNI akan berkolaborasi dengan pasar tradisional dan ritel modern untuk mencapai pangsa pasar hingga 15-20 persen di seluruh Indonesia.” ujar Arief.
Perusahaan ini akan bekerja sama dengan NushiNushi milik Rajawali Nusindo, Warung Pangan milik BGR, Tokopedia, Blibli, dan TaniHub. Kerja sama ini diharapkan mampu mendistribusikan beras Rania di seluruh wilayah Indonesia.
Program Lainnya dari RNI
Usai RNI luncurkan beras premium, ada program sinergi untuk membangun brand awareness di tingkat internal. Pihak RNI menyampaikan bahwa perusahaannya akan membuka diri dalam melaksanakan program paket natura berkualitas yang terdiri dari Raja Gula dan Rania beras premium.
Program akan dilakukan oleh seluruh anggota Klaster Pangan dan RNI Grup. Rencananya paket tersebut akan secara langsung diintegrasikan dengan payrol perusahaan masing-masing.
Selain itu, program juga akan berkolaborasi bersama perbankan BUMN agar terlaksana dengan baik dan dapat dijangkau oleh masyarakat luas.
Rencana RNI Kedepannya
Selain program diatas, RNI Holding akan melakukan produk inovasi lain yang akan diluncurkan setelah RNI luncurkan beras premium ini. Oleh karena itu, perusahaan ini siap untuk bekerja sama dengan Kementerian, UMKM, instansi BUMN lainnya, dan pihak swasta dalam menjaga ketahanan pangan.
Itulah berita terkait RNI luncurkan beras premium. Telah disampaikan pula jika perusahaan ini sangat berkomitmen dengan kualitas produknya.