Media cetak merupakan sarana yang tepat untuk mengiklankan produk usaha Anda. Beberapa contoh iklan media cetak baik di koran, tabloid, brosur, majalah, billboard, dan media lainnya terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan produk.
Sebelum Anda memutuskan untuk mengiklankan produk di media cetak, yuk simak pembahasan dan beberapa contoh iklan di media cetak di bawah ini. Supaya Anda dapat memutuskan jenis media iklan yang tepat.
Sekilas tentang Iklan Media Cetak
Iklan media cetak merupakan bentuk iklan yang ditayangkan di media cetak, seperti koran, brosur, majalah, banner, spanduk, flyer, selebaran, dan media cetak lainnya. Biasanya iklan yang ditampilkan di media cetak memiliki bentuk dua dimensi.
Isi dari iklan media cetak adalah berupa tulisan, kata-kata, slogan, teks, dan caption yang dilengkapi dengan berbagai gambar maupun foto.
Ciri-ciri Iklan Media Cetak
Untuk membedakan iklan media cetak dengan iklan jenis lainnya, ketahuilah ciri-ciri iklan media cetak di bawah ini.
- Menggunakan bahasa yang cenderung formal.
- Bersifat tertulis.
- Iklan dibatasi oleh baris dan kolom.
- Kalimat pada iklan media cetak lebih panjang dan rinci.
- Iklan media cetak menggunakan kalimat ajakan atau persuasif.
- Konten iklan dapat disimpan dan dibaca kapanpun.
Contoh Iklan Media Cetak
Iklan media cetak terdiri dari beberapa jenis, berikut ini beberapa contoh iklan tersebut beserta gambarnya yaitu :
1. Iklan di koran
Koran merupakan media cetak pertama yang mayoritas berisi berita dan terbit setiap hari. Media cetak dicetak menggunakan kertas koran yang memiliki halaman pertama berwarna maupun tidak, sedangkan sisanya dicetak hitam putih.
2-3 halaman terakhir pada koran digunakan untuk penempatan iklan, biasanya iklan diletakkan di spot kecil bagian bawah.
Iklan yang umumnya dipasang di koran adalah iklan baris yang biasanya terbatas dengan teks sehingga menggunakan singkatan yang rumit. Meskipun saat ini koran memiliki iklan yang lebih beragam, namun iklan baris masih sering digunakan.
2. Iklan di majalah
Majalah merupakan media publikasi yang menyerupai buku dan diterbitkan per bulan atau per minggu. Berbeda dengan koran yang menggunakan warna tema hitam putih, majalah biasanya menggunakan banyak warna.
Iklan di majalah akan diberikan halaman khusus baik di halaman tengah maupun halaman belakang. Karakteristik iklan di media cetak ini adalah penggunaan warnanya lebih cerah dibandingkan isi konten.
Beberapa contoh majalah yang banyak dicari warga Indonesia adalah bisnis, internet, remaja, pertanian, komputer, dan masih banyak lagi.
3. Iklan di brosur
Brosur merupakan media publikasi atau terbitan yang tidak berkala. Media ini memiliki ukuran yang beragam, seperti kertas A3, A4, dan A5. Brosur memiliki tugas utama yaitu menampilkan konten promosi.
Peletakan iklan di media cetak ini ada di keseluruhan brosur. Akan tetapi, iklan di brosur tidak membutuhkan pihak ketiga karena pemilik dapat menyebarkan iklan hanya dengan membagikan brosur di beberapa tempat yang ramai.
4. Iklan banner
Banner digunakan sebagai media promosi secara singkat yang berisi gambar dan tulisan. Ada berbagai jenis banner diantaranya adalah Y banner, X banner, mini banner, mini X-banner, dan giant banner.
Iklan di media satu ini biasanya dipasang di pameran, stand, toko, atau event-event tertentu. Biasanya banner dikemas dengan desain, kaya akan warna, dan tampilan yang menarik.
5. Iklan di spanduk atau pamflet
Spanduk memiliki bentuk yang memanjang dan bisanya berada di pinggir jalan, depan toko, di atas jalan, atau tempat strategis lainnya. Iklan di media cetak jenis ini biasanya harus membayar pajak terlebih dahulu dan memiliki waktu pemasangan apabila ingin memasangnya di jalanan.
Contoh dari iklan spanduk adalah iklan jasa cuci mobil yang dilengkapi nama penyedia jasa, alamat, dan nomor telepon.
6. Iklan flyer
Flyer memiliki kemiripan dengan brosur hanya saja flyer terdiri dari 1 halaman, sedangkan brosur dapat dilipat menjadi 2 halaman. Media cetak ini biasanya dibagikan saat ada event tertentu. Namun tak jarang juga dibagikan kepada pengendara jalan, rumah makan, tempat makan, dan lain sebagainya.
7. Iklan di tabloid
Tabloid memiliki karakteristik yang hampir sama dengan majalah. Akan tetapi iklan di tabloid biasanya diletakkan pada halaman tengah, meskipun beberapa juga menggunakan lebih dari 2 halaman.
Sayangnya Anda tidak bisa bebas mengiklankan produk di tabloid. Sebab iklan yang ditayangkan harus sesuai dengan jenis tabloid. Beberapa jenis tabloid diantaranya adalah tabloid olahraga, gosip, wanita, kecantikan, dan lain sebagainya.
Kelebihan dan Kekurangan Iklan Media Cetak
Meskipun media cetak banyak diminati orang, namun kenyataannya media cetak juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.
Media cetak memiliki berbagai kelebihan seperti, dapat bertahan lama. Ini karena koran atau majalah biasanya akan disimpan oleh pemiliknya untuk dijadikan referensi sewaktu-waktu. Selain itu, target dapat lebih spesifik karena biasanya majalah atau tabloid hanya mengiklankan produk yang sesuai dengan jenisnya.
Sedangkan kekurangan iklan media cetak adalah terbatas pada visual, karena iklan media cetak kebanyakan hanya berupa gambar dan teks. Produk Anda tidak dapat ditampilkan dalam bentuk video.
Itulah contoh iklan media cetak beserta gambarnya. Anda bisa memilih iklan di media mana yang tepat untuk produk usaha Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.