Saat merintis bisnis baru, apakah Anda kesulitan untuk mempromosikan produk? Jangan mudah menyerah. Sebab ada cara ampuh yang dapat membantu memperluas pangsa pasar yaitu dengan melakukan teknik pemasaran produk. Dengan adanya teknik ini, Anda dapat meningkatkan reputasi bisnis dan menarik banyak pelanggan.
10 Teknik Pemasaran Produk yang Patut Anda Coba
Pemasaran produk adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada khalayak luas. Terdapat beberapa teknik yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah.
1. Iklan berbayar
Supaya produk dapat ditampilkan pada suatu ruang, Anda perlu membayar penyedia ruang iklan. Pembayaran ini biasanya akan ditentukan melalui negoisasi antara perusahaan dan penyedia tempat iklan.
Contoh iklan berbayar diantaranya pay-per-impression (PPI), banner atau iklan display, dan pay-per-click (PPC).
Keuntungan yang akan Anda dapatkan yaitu dapat menjangkau audiens dalam jangkauan yang lebih luas.
2. Pemasaran media sosial
Saat ini, media sosial sangat sulit dilepaskan dalam kehidupan masyarakat. Setidaknya terdapat 2,8 miliar pengguna aktif dari berbagai jenis media sosial. Oleh karena itu, Anda perlu memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan produk.
Beberapa media sosial yang dapat Anda gunakan yaitu Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Untuk menarik banyak konsumen, Anda perlu membuat konten menarik dan memanfaatkan trending.
3. Pemasaran transaksional
Jenis strategi pemasaran yang satu ini sering dilakukan oleh banyak wirausahawan baik usaha yang baru dibuka maupun perusahaan besar. Caranya dengan menarik konsumen agar membeli lebih banyak produk.
Contoh pemasaran transaksional meliputi diskon, kupon belanja, event besar, dan beli 1 gratis 1.
4. Pemasaran interaktif
Apabila Anda ingin mengenalkan produk dengan cara yang lebih bersahabat. Mungkin strategi ini adalah jawabannya. Sebab melalui strategi ini, Anda dapat melibatkan partisipasi konsumen. Misalnya saja dengan mencantumkan nama konsumen pada kemasan produk.
5. Search Engine Optimization (SEO)
Seo merupakan strategi yang digunakan untuk meningkatkan trafik konsumen melalui hasil pencarian di mesin pencari. Strategi ini berkaitan dengan membuat konten yang menarik.
Keuntungan dari menggunakan cara ini adalah usaha Anda akan memperoleh trafik yang tinggi. Sehingga dapat meningkatkan brand awareness konsumen. Akhirnya jumlah konsumen akan terus bertambah.
6. Email marketing
Strategi ini merupakan teknik yang dilakukan dengan cara mengirim emailkepada audiens atau pelanggan yang potensial. Akan tetapi, Anda perlu menggunakan strategi yang sesuai agar tidak menjadi pesan spam.
Controh strategi marketing jenis ini adalah pres release email, newsletter email, dan email transaksional. Penting bagi Anda untuk membuat jadwal mengirim email, misalnya seminggu sekali, dua minggu sekali, dan sebagainya.
7. Program referral
Program referral merupakan strategi pemasaran yang melibatkan konsumen secara langsung. Cara kerjanya yaitu konsumen akan mendapatkan kode referral yang dapat ditukarkan menjadi diskon atau cashback apabila berhasil mengajak 1 teman untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.
Program referral ini cukup efektif karena memiliki target yang jelas, lebih terpercaya, dan tidak membutuhkan banyak biaya tambahan.
8. Conversational marketing
Sesuai dengan namanya, strategi ini akan lebih mengutamakan percakapan langsung dengan konsumen.
Conversational marketing dapat memudahkan konsumen atau calon konsumen dalam memperoleh informasi dengan cepat. Percakapan tersebut biasanya dilakukan melalui media live chat atau chatbot.
Strategi ini dapat memudahkan Anda saat ingin menanggapi keluhan konsumen dan menjawab pertanyaan. Seperti kata pepatah, “sedayung tiga pulau terlampui”. Selain memudahkan, Anda juga dapat memberikan pelayanan terbaik pada konsumen.
9. Public relation
Public relation dapat dilakukan dengan mudah karena dapat dilakukan dengan gratis atau organik.
Contoh strategi pemasaran produk baru ini yaitu dari mulut ke mulut, testimoni medsos, dan mengadakan acara radio atau tv yang berkaitan dengan produk.
10. Inbound marketing
Inbound marketing ialah teknik pemasaran produk melalui pembuatan konten yang berisi pengalaman konsumen. Pesan harus berisi konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Akibatnya, hubungan antara konsumen dengan bisnis tersebut dapat bertahan lama.
Terdapat beberapa keuntungan diantaranya adalah biaya terjangkau, bertahan dalam jangka panjang, mudah dipraktikan, dan dapat menciptakan target pasar.
Demikian penjelasan terkait teknik pemasaran produk yang bisa Anda praktikan. Dari kesepuluh strategi ini, Anda perlu menyesuaikannya dengan keadaan bisnis dan pangsa pasar.
Beberapa teknik diatas memang membutuhkan biaya yang tak kecil. Maka dari itu, Anda harus meningkatkan kualitas produk agar konsumen yang datang saat promo dapat kembali di kemudian hari.